• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian Jaringan Komputer

 on Tuesday, August 5, 2014  

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan  lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. 
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
    * Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian pencetak (printer), Unit Pengolah Pusat (CPU), memori, Cakram keras (harddisk}
    * Komunikasi: contohnya surat elektronik (e-mail), pesan instan (instant messaging), percakapan di internet (chatting)
    * Akses informasi: contohnya Peramban web (web browsing)

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Suatu jaringan komputer terdiri atas:
   1. Minimal dua buah komputer.
   2. Kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer.
   3. Medium koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radio, microwave, satelit, dan sebagainya).
   4. Perangkat lunak sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Windows 2000, Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
   5. Peralatan interkoneksi seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.

Berikut adalah klasifikasi jaringan komputer  antara lain:
1. Berdasarkan geografisnya terbagi atas 3 jenis, antara lain:
   A. Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN)
                Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang     berukuran sampai     beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk     menghubungkan komputer-komputer     pribadi dan stasiun kerja (workstation)     dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk     memakai bersama     sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi.
   B. Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN)
                Merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup     luas, terdiri atas     puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel     transmisi yang digunakan adalah kabel     serat optik (Coaxial Cable).
   C. Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN)
                Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua.     Jaraknya bisa     mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan     semua bank di Indonesia, atau     jaringan yang menghubungkan semua kantor     Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media     transmisi     utama adalah     komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat     optik antar     negara.

2. Berdasarkan fungsi, terbagi atas 2 jenis, yaitu:
    A. Jaringan Klien-server (Client-server)
                Pada model ini ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari     komputer lainnya     yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan     sumberdaya dari komputer klien harus     dilewatkan ke komputer peladen, komputer     peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila     komunikasi permintaan     layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi     peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database     server dan     sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih     dari konfigurasi komputer klien     baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram     keras {harddisk), maupun kecepatan     prosessornya.
   B. Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer)
                Jaringan dimana komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer     dapat meminta     pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian     pula harus siap melayani     permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini     biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah     komputer yang tidak terlalu banyak,     maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet     bilamana komputer     terlalu banyak.

3. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
    A. Topologi bus
    B. Topologi bintang
    C. Topologi cincin
    D. Topologi mesh
    E. Topologi pohon
    F. Topologi linier

4. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    A. Jaringan terpusat
                Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang     berfungsi     sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang     berasal dari satu komputer peladen.
    B. Jaringan terdistribusi
                Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa     komputer peladen     yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem     jaringan tertentu.

5. Berdasarkan media transmisi data
    A. Jaringan Berkabel (Wired Network)
                Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain     diperlukan     penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam     mengirim informasi dalam     bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
     B. Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
                Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada     jaringan ini tidak     diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer     karena menggunakan gelombang     elektromagnetik yang akan mengirimkan     sinyal informasi antar komputer jaringan.

Pengertian Jaringan Komputer 4.5 5 Hand Tuesday, August 5, 2014 Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan  lainnya yang bekerja bersama-sama untuk...


No comments:

Post a Comment

J-Theme