Prediksi Soal Teknik Animasi 2 Dimensi Kelas XI SMK UKK 2019/2020
PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Menyajikan informasi dalam suatu medium dengan menggabungkan teks,
suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi
disebut dengan istilah….
A. Multimedia
B. Entertainment
C. Animasi
D. Website
E. Peripheral
2. Yang BUKAN merupakan unsur-unsur multimedia adalah….
A. Audio
B. Video
C. Animasi
D. Teks
E. Phosfor
3. Animasi yang secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan
komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan
kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan
dengan komputer. Adalah pengertian dari animasi ….
A. Animasi Tradisional
B. Animasi Komputer
C. Animasi Stop-Motion
D. Animasi Tween
E. Animasi Shape
4. Contoh aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi komputer adalah….
A. Ms Word
B. Windows Media Player
C. Macromedia Flash 8
D. Dream Weaver
E. Corel Photo Paint
5. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat animasi 2D adalah….
A. Adobe Flash
B. Adobe Photoshop
C. CorelDraw
D. Dream Weaver
E. 3D Max
6. Animasi komputer mulai ada setelah
teknologi komputer berkembang pada tahun 1980-an, para animator mulai
menyadari bahwa manipulasi gambar tiap frame memakan memori komputer
yang sangat besar. Oleh karena itu pada tahun 1990-an, George Lucas’s
Indrustrial Light and Magic, Steve Job’s Pixar Animation, dan perusahaan
setipe dengannya mulai menciptakan komputer yang canggih dengan program
yang diperbaharui. Film animasi komputer 3D yang pertama kali populer
di era ini adalah….
A. Mickey Mouse
B. Aladin
C. Toy Story
D. Cinderlella
E. Pocahontas
7. Berikut ini yang BUKAN merupakan prinsip kerja animasi komputer pada tahap Pra-produksi adalah….
A. Menyusun konsep
B. Menyusun skenario
C. Pembentukan karakter
D. Menyusun storyboard
E. Melakukan rendering
8. Dengan Frame rate = 12 fps, Untuk membuat animasi yang panjangnya 5 detik, maka jumlah frame yang dibutuhkan adalah ….
A. 65 frame
B. 15 famre
C. 1,4 frame
D. 120 frame
E. 60 frame
9. Berikut ini merupakan kaidah-kaidah dalam pembuatan film animasi, KECUALI….
A. Kaidah Penciptaan Gerak
B. Kaidah Pengaturan Waktu (timing)
C. Kaidah Sebab Akibat
D. Kaidah Gerakan Newton
E. Kaidah Relativitas Einstein
10. Kaidah pengaturan waktu (menurut ragam pergerakannya ) di
bedakan menjadi 5, yang BUKAN merupakan kaidah pengaturan waktu tersebut
adalah….
A. Konstan
B. Akselerasi
C. Deselerasi
D. Zero
E. Irrelevan
11. Yang BUKAN merupakan peranan storyboard pada animasi adalah….
A. Storyboard dibuat untuk menjelaskan skenario secara lebih detail dari detik demi detik.
B. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta suaranya
C. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta grafisnya
D. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan
pada detik demi detik beserta animasi dan video yang dibutuhkannya
E. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan
pada detik demi detik beserta biaya pembuatan dan nama-nama kru yang
terlibat
12. Kita dapat memasukkan sebuah gambar ke dalam stage dengan menggunakan perintah….
A. File – Import – Import to Stage
B. File – Import – Ctrl + R
C. File – Import – Import Video
D. File – Import – Ctrl + R
E. File – Import – Import to library
13. Untuk mengubah atau memutar bentuk gambar clean up sesuai keinginan digunakan tool….
A. Selection
B. Sub Selection
C. Free transform
D. Ink bottle tool
E. Pencil
14. Istilah frame kunci yang dapat berdiri sendiri, misalnya Pada
Macromedia Flash diumpamakan seperti kanvas yang berisi gambar dan
digambarkan sebagai sebuah lingkaran yang dapat terisi dalam frame
merupakan pengertian dari….
A. Tween
B. Pixel
C. Keyframe
D. Layer
E. Timeline
15. Properties, filter & parameter, action, library, color
& align info, dan transform di kelompokan ke dalam golongan….
A. Stage
B. Frame
C. Layer
D. Timeline
E. Panel
16. Pada program flash, frame dapat diumpamakan seperti….
A. lembaran kertas tempat membuat lembar kerja
B. ketebalan buku
C. daftar hadir dalam perpustakan
D. meja dimana peralatan kerja berada
E. tombol dimana suatu perintah berada
17. Cara menambah frame pada Macromedia Flash adalah ….
A. Insert > Frame
B. Delete > Frame
C. Insert > Timeline Effects > Frame
D. Insert > Timeline > Frame
E. Insert > Frame > Frame
18. Menampilkan Windows Flash Player atau test movie, dilakukan dengan menekan….
A. A.Ctrl + S
B. B.Ctrl + N
C. C.Ctrl + Enter
D. D.Ctrl + O
E. E.Ctrl + P
19. Proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara
memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan
keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru
disebut dengan….
A. Framing
B. Tweening
C. Rendering
D. Scripting
E. Coding
20. Untuk membuat animasi bergerak sesuai kaidah gerak Newton,
objek yang dibuat menggunakan Animasi Tweening ketika dilempar keatas
digunakan pengaturan….
A. Ease out
B. Brightness
C. Alpha
D. Ease in
E. Tint
21. Untuk membuat animasi bergerak sesuai kaidah gerak Newton,
objek yang dibuat menggunakan Animasi Tweening ketika jatuh kebawah
digunakan pengaturan….
A. Ease out
B. Brightness
C. Alpha
D. Ease in
E. Tint
22. Untuk memberikan efek transparan pada objek yang di tweening, digunakan pengaturan color….
A. Ease out
B. Brightness
C. Alpha
D. Ease in
E. Tint
23. Untuk memberikan efek perubahan warna pada objek yang di tweening, digunakan pengaturan color….
A. Ease out
B. Brightness
C. Alpha
D. Ease in
E. Tint
24. Objek pada flash dibuat didalam lembar kerja yang disebut dengan….
A. Timeline
B. Stage
C. Panel
D. Property
E. Document
25. Membuat objek secara bebas dengan titik (node) sebagai penghubung merupakan fungsi dari … tool.
A. Brush
B. Lasso
C. Pen
D. Oval
E. Eraser
26. Untuk membuat objek berupa lingkaran pada flash digunakan….
A. Sphere Tool
B. Round Tool
C. Oval Tool
D. Circle Tool
E. B. Ellipse Tool
27. Untuk menggerakkan objek sesuai jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu digunakan….
A. Motion shape
B. Motion guide
C. Break apart
D. Motion tween
E. Keyframe
28. Untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background,
frame rate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat, merupakan fungsi
dari….
A. Library
B. Stage
C. Menubar
D. Properties
E. Toolbar
29. Agar animasi yang dibuat dapat menjadi bersifat interaktif, maka perlu diberikan….
A. Action Script
B. Audio
C. Teks
D. Video
E. Warna yang mencolok
30. Shortcut F8 pada flash digunakan untuk ….
A. Play
B. Insert frame
C. Insert key frame
D. Convert to symbol
E. Paste
31. Untuk mempermudah pengerjaan animasi yang kompleks dalam sebuah scene, digunakan … pada objek yang berbeda.
A. Button
B. Graphic
C. Background
D. Teks
E. Movie Clip
32. Script untuk menghentikan audio yang telah disisipkan pada frame adalah….
A. Stop();
B. StopAllSounds();
C. StopAllAudios();
D. StopAllMusics();
E. StopAllSongs();
33. Untuk membuat efek audio yang disisipkan pada frame mengulang
sebanyak 2 kali setelah audio tersebut selesai, digunakan pengaturan….
A. Fade Out
B. Fade in
C. Loop
D. Fade Left To Right
E. Repeat
34. Cara untuk menyimpan hasil animasi pada flash dalam bentuk video adalah ….
A. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.JPG
B. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.FLA
C. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.PNG
D. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.AVI
E. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.PSD
35. Untuk menyimpan dan mengubah file grafik flash ke format grafik lain adalah menggunakan menu….
A. Export
B. Import
C. Save as
D. Save in
E. Save default
Prediksi Soal Teknik Animasi 2 Dimensi Kelas XI SMK UKK 2019/2020
Thursday, October 24, 2019 on Labels: 2019/2020, Kelas 2 SMK, Teknik Animasi 2 Dimensi, UKK
-Selamat Mengerjakan-
No comments:
Post a Comment