1. Melengkapi teks pidato yang rumpang (daya serap: 37,68%)
37. Bacalah kutipan pidato berikut!
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi teks pidato tersebut adalah …
A. Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran buku ini.
B.Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.
C. Demikian sambutan dari saya selaku Ketua Panitia semoga pameran buku ini bermanfaat
D. Pameran buku ini merupakan agenda tahunan OSIS dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.
2. Menentukan gagasan utama tajuk (daya serap: 40,12%)
Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24
dan 25!
Pundi-pundi kas negara kini mencapai 156 triliun per 7 Mi 2010. Surplus APBN merupakan gabungan antara pendapatan dari sektor perpajakan ditambah dengan penarikan pinjaman kemudian dikursmgj dengan belanja. Meski demikian, surplus ini bukanlah hal yang rnembanggakan, sebab rendahnva penyerapan belanja yang menyebabkan fungsi anggaran sebagai pendorong perekonomian tnenjadi kurang efektif.Guna mendorong kualitas penyerapan anggaran, Kementerian Keuangan akan menerapkan mekanisme reward and punishment. Artinya, bagi lembaga yang tidak bisa menyerap anggaran dengan baik pada 2010, maka pagu anggaran untuk 2011 akan dipotong. Lambatnya penyerapan anggaran selama mi menunjukkan belum seriusnya pemerintah dalam mencari solusi. Untuk membantu kelancaran penyerapan anggaran ini, proses administrasi yang terlalu berbelit-belit harus disederhanakan. |
24. Gagatan utama tajuk tersebut adalah ….
A. Pundi-pundi kas negara kita sedang mengalami kenaikan puncak pada tanggal 7 Juli 2010
B. Surplus APBN didapat dari sektor perpajakan ditambah dengan penarikan pinjaman
C. Pemerintah memberlakukan rnekanisme reward and punishment pada tahun anggaran 2011
D. Upaya penyederhanaan proses administrasi perlu dilaksanakan demi cepatnya penyerapan anggaran
3. Memperbaiki pilihan kata yang salah dalam paragraf (daya serap: 43,07%)
30. Bacalah paragraf berikut!
Grup mahasiswa kedokteran akan melakukan ujicoba di posko-posko bencana banjir yang tersebar di beberapa RW. Mereka juga membawa obat-obatan yang disumbangkan oleh pemilik apotek terhadap menderitanya rakyat yang terkena musibah. |
Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat adalah …
A. tim, praktik, penderitaan
B. tim, tugas, penderita
C. kelompok, praktik, menderita
D. kelompok, tugas, penderitaan
4. Menentukan rangkuman bacaan (Daya serap: 47,10%)
44. Bacalah bacaan berikut dengan saksama!
Buah tomat merupakan buah yung sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. Di samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkun tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, kotera, dan serangan empedu.
Selain kaya manfaat, tomat juga lezat disantap. Bahkan sebagai saus atau diracik menjadi masakan pun mampu membius para penikmatnya. Di Perancis, tomat disebut pomme d’amour atau apel cinta. Jika ingin sehat dan bebas dari kanker, cobalah rutin mengonsumsi “Si apel cinta”.
Rangkuman yang tepat bacaan tersebut adalah …
A. Tomat buah sarat khasiat dan lezat disantap.
B. Buah tomat atau apel cinta dapat mencegah penyakit kanker.
C. Buah tomat sarat khasiat, kaya manfaat bagi penderita penyakit.
D. Buah tomat selain mencegah juga mengobati berbagai penyakit.
5. Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel (daya serap: 48,23%)
12.
| Bacalah kedua kutipan novel berikut!
|
6. Memperbaiki penulisan huruf (daya serap: 50,09%)
31.
| Tujuan ekonomi indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat indonesia.Penggunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah … | |
A. | Tujuan Ekonomi Indonesia adalah Keadilan Sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. | |
B. | Tujuan Ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh Masyarakat Indonesia. | |
C. | Tujuan ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh Masyarakat Indonesia. | |
D. | Tujuan ekonomi Indonesia adalah keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. |
7. Menentukan misi/tujuan puisi (daya serap: 54,03%)
Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 15 dan 16!
|
16. Tujuan dari kutipan puisi tersebut adalah …
A. Mendorong setiap orang untuk selalu ikhlas bekerja keras dan tahan uji.
B. Memberikan semangat agar pantang menyerah,penuh kasih dan percaya diri
C. Mendorong setiap orang untuk selalu peduli, percaya diri dan adaptif.
D. Mengajuk untuk maju, tahaun uji, punya sernangat hidup dan adaptif.
8. Menentukan persamaan isi berita (daya serap: 54,07%)
Bacalah kutipan teks berita berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Teks 1
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai sertifikasi kesehatan unggas secara bersamaan di berbagai lokasi. Dana sebesar 3 miliar rupiah dianggarkan untuk sertifikasi unggas hias ditandai dengan pemeriksaan unggas milik mantan Gubernur DKI di rumah dinasnya.
Teks 2
Setelah burung dan unggas milik mantan Gubemur DKI, Sutiyoso, hari ini giliran burung milik para menteri di Kompleks Widya Chandra akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendapat sertifikasi sehat. Petugas akan mendatangi kediaman Aburizal. Burung yang akan diperiksa adalah burung nuri kepala hitam.
4. Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut adalah ….
A. dana untuk sertifikasi unggas
B. pemeriksaan terhadap kesehatan unggas
C. kompleks para menteri mendapat giliran pemeriksaan
D. pemerintah DKI Jakarta melakukan pemeriksaan unggas
9. Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang (daya serap: 55,61%)
42. Bacalah kutipan surat berikut!
[….]Sehubungan dengan itu, kami mohon bantuan pinjaman alat-alat P3K lengkap untuk menunjang kegiatan tersebut, yang kami rencanakan pada hari, tanggal: Jumat, 6 Agustus 2010 pukul: 07.30-10.30 tempat: Gedung Serbaguna SMP DiponegoroAlat yang kami pinjam tersebut akan kami kembalikan sehari setelah kegiatan berlangsung. Jika terjadi kerusakan atau kehilangan alat yang kami pinjam, kami bersedia menggantinya. |
Bagian yang tepat untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah
A. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kegiatan kemah bagi anggota baru PMR.
B. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan PMR kepada anggota baru agar memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar tentang PMR.
C. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kunjungan kerja PMR dengan anggota baru ke Dinas Kesehatan agar memiliki pengctahuan dan kemampuan dasar tentang PMR.
D. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan seminar PMR
10. Menentukan isi pesan singkat sesuai dengan ilustrasi (daya serap: 56,44%)
50. Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama!
Kepala sekolah memberikan mandat kepada para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan gotong royong pada hari Sabtu dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Nasional. Wali kelas menugasi ketua kelas untuk menginformasikan hal tersebut pada teman-teman sekelasnya.
Isi memo wali kelas yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
A. Sampaikan pada teman-temanmu hari Sabtu harap membawa peralatan kebersihan untuk membersihkan kelas.
B. Kepala sekolah menugasi saya untuk melakukan gotong royong, maka saya menugasi kalian semua.
C. Ketua kelas harap melaksanakan gotong royong dalam rangka mempersiapkan ujian, agar kelas terlihat bersih dan rapi.
D. Dalam rangka persiapan pelaksanaan ujian, saya sebagai wali kelas menugasi ketua kelas untuk gotong royong.
11. Menentukan latar belakang suatu karya ilmiah berdasarkan identifikasi masalah (daya serap: 59,29%)
27. Cermatilah identifikasi masalah berikut!
Identifikasi masalah :
1. Internet di kaJangan para pelajar
2. Pemanfaatan mtemet_dalani pembelajaran.
|
Paragraf latar belakang yang tepat sesuai identifikasi masalah tersebut adalah …
A. Internet saat ini dapat diakses dengan mudah dan murah. Mereka yang haus informasi dapat mencarinya dari telepon genggam. Kemudahan ini sekaligus sebagai penambah pengetahuan. Dengan demikian pengctahuan siswa akan didapat dari mana saja.
B. Pelajar banyak yang nienggunakan internet. Pengctahuan yang diakses dari internet sangat bermanfaat untuk belajar di sekolah maupun di rumaJt. Pengetahuan lidak harus didapat dari guru disekolah saja.
C. Salah satu media massa yang poputer saat ini adalah internet, termasuk di kalangan pelajar. Mereka bebas mengakses lagu, gambar, dan berbagai informasi. Jika tidak difasilitasi, berdampak buruk bagi pelajar. Oleh karena itu, di perl ukan pendekatan yang tepat kepada siswa daiam pemanfaatan internet.
D. Internet bukan merupakan hal baru. Namun. jika penggunaannya tidak benar, dikhawatirkan mereka akan mengakses hal-hal yang bersifat ncgatif. Internet juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
12. Menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi (daya serap: 60,01%)
34
.
| Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama! Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …. A. Marahkah kau padaku Hasratku kau abaikan Salahkah aku Doaku mengalun ke arsy-Mu Kurangkai sujudku B. Kuterima nasibku Jika Kau abaikan diriku Kau memang berkuasa Atas diriku yang hina Segala doa sudah kulantunkan C. Segala kupintas tiada kauberi Segala kutanya tiada kausahuti Besar benar salah arahku Hampir tertahan tumpah berkah Hampir tertutup pintu restu D. Nanar mata ini menatap Bayang-bayang dosa Tak terhapuskanlah dosa ini Dengan segala doa Sengajakah kau lakukan ini 13. Menentukan sudut pandang pengarang dalam penggalan cerpen (daya serap: 60,28%)
A. orang pertama pelaku utama B. orang ketiga pengamat C. orang ketiga serba tahu D. orang pertama pelaku sampingan 14. Menentukan penulisan daftar pustaka (daya serap: 61,12%) 28. Perhatikan data buku berikut dengan saksama!
A. Arifin E. Zainal Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Sural Dinas. 1987. Jakarta : PT Mediatama Sarana. Sumardi, Mulyanto. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. 1982. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta. B. Arifin, E. Zainal, 1987, Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. PT Mediatama Sarana : Jakarta. Sumardi, Mulyanto. 1982, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Pustaka Sinar Harapan : Jakarta C. Arifin, E. Zainal. 1987. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta : PT Mediatama Sarana. Sumardi, Mulyanto. 1982. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan. D. Arifin E., Zainal. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. 1987. Jakarta : PT Mediatama Sarana. Sumardi; Mulyanto. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. 1982. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 15. Memperbaiki bagian surat resmi yang tidak tepat (daya serap: 62,41%) 43. Perhatikan kutipan surat berikut!
A. No. (l) 27 Oktober 2009 No. (2) Jumat, 10 November 2009 B. No. (l) 27 0ktober 2009 No. (2) Jum’at, 10 November 2009 C. No. (1) Samannda, 27-10-2009 No. (2) Jum’at, 10-11-2009 D. No. (1) 27-10-2009 No. (2) Jumat, 10 November 2009 16. Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang (daya serap: 63,73%)
42. Bacalah kutipan surat berikut!
A. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kegiatan kemah bagi anggota baru PMR. B. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan PMR kepada anggota baru agar memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar tentang PMR. C. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan kunjungan kerja PMR dengan anggota baru ke Dinas Kesehatan agar memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar tentang PMR. D. Sesuai dengan program kami, bulan Agustus 2010 yang akan datang kami akan menyelenggarakan seminar PMR 17. Menentukan perbedaan penyajian berita (daya serap: 64,69%) 17. Menentukan perbedaan penyajian berita.
18. Memperbaiki kalimat tidak efektif dalam paragraf (daya serap: 65,05%) 29. Menurut berita di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah banyak sekali. Berita tentang banyaknya korban flu burung dilansir oleh harian terkemuka di Jakarta. Perbaikan kalimat pertama agar menjadi kalimat efektif adalah …. A. meletakkan kata mewabah setelah kata penyakit B. menghilangkan kata mewabah dan sekali C. memindahkan kata sudah sebelum kata sangat D.menempatkan kata sudah dan banyak sebelum kata korban 19. Melengkapi puisi dengan larik bermajas (daya serap: 65,35%)
A. Daun pun mengering B. Pohon itu gersang C. Pohon itu meradang D. Ranting mengering 20. Menentukan dua kalimat pendapat pada paragraf (daya serap: 66,19%)
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) 21. Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel (daya serap: 67,24%)
22. Menentukan latar (waktu, tempat) dalam kutipan drama (daya serap: 71,66%)
A. rumah B. sekolah C. pasar D. kelas 23. Menentukan perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta/denah (daya serap: 72,10%)
Jika Amin tinggal di perumahan Permata Hijau, maka perjalanan paling efektif menuju KPU adalah …. A. Dari Perurnahan Permata Hijau menyeberang Siraj Salman melewati Jalan Wijaya Kusuma sampai Juanda belok ke barat. B. Dari Perumahan Permata Hijau, lewat Jalan Siraj Salman belok ke timur terus ke Jalan Juanda C. Dari Perumahan Permata Hijau masuk Jalan Juanda I terus sampai Jalan Juanda lalu belok ke barat D. Dari Perumahan Permata Hijau masuk Jalan Juanda I, belok ke barat lewat Jalan Wijaya Kusuma IV 24. Menentukan gagasan utama (daya serap: 72,77%)
A. masalah kesehatan pada korban harus diperhatikan B. bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul C. bencana banjir lumpur menimbulkan berbagai penyakit D. beberapa penyakit muncul karena lingkungan kotor 25. Menyusun deretan kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak (daya serap: 73,00%)
A. (4), (2), (3), (1), (5) B. (1), (4), (2), (1), (5) C. (4), (3), (1), (2), (5) D. (2), (3), (1), (5), (4) |
No comments:
Post a Comment