Petunjuk Khusus :
A. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d atau e sebagai jawaban yang anda anggap paling tepat!
1. Secara bahasa kata "pondok" yang berarti ruang tidur, wisma, hotel sederhana berasal dari bahasa Arab, yaitu ….
a. Khandaq d. khodzaf
b. Funduq d. Qodla
c. Pundaq
2. Salah satu Walisongo yaitu Syekh Maulana Malik Ibrahim disebut juga sebagai sunan …
a. Sunan Gresik d. Sunan Kalijaga
b. Sunan Muria e. Sunan Bonang
c. Sunan Kudus
3. Metode yang digunakan kyai di pondok pesantren dengan cara membacakan, menterjemahkan, mengulas isi kitab dan santri mencatat buah pikirannya disebut …
a. Sorogan d. Jam'iyah
b. Bandongan e. Musyawarah
4. Lima elemen pondok pesantren yang dapat membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya adalah ….
a. kyai, santri, masjid, asrama, kitab kuning
b. kyai, kurikulum, masjid, kitab kuning
c. kurikulum, santri, asrama, majalah, pengurus
d. ustadz, asrama, masjid, kitab kuning, dana
e. santri, asrama, kyai, kurikulum, ustadz
5. Firman Allah yang dijadikan dasar pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berdasarkan Tafaqqahu Fiddin adalah ….
a. QS. Ali Imran : 122 d. QS. At Taubah 122
b. Q.S. At Taubah : 194 e. QS. Al Qashas : 77
c. QS. Al Hujurat : 11
6. Santri dibiasakan hidup dalam kesalehan ritual dan kyai sebagai peimpin yang kharismatik merupakan ciri dalam ….
a. pondok pesantren salafi d. pondok pesantren toriqot
b. pondok pesantren khalafi e. pesantren kilat
c. pondok pesantren modern
7. Tunduknya santri pada kyai dan santri sangat begantung pada restu kyai merupakan ….
a. Dasar pendidikan pondok pesantren
b. Fungsi pondok pesantren
c. Tujuan pondok pesantren
d. Pola hidup santri di pondok psantren
e. Unsur pondok pesantren
8. Pondok pesantren berhasil mencetak para kader-kader yang menguasai dalam bidang agama dan mampu berkhidmat pada masyarakat, menyebarkan agama demi terwujudnya Izzul Islam wal Muslimin merupakan ….
a. peran pondok pesantren sebagai lembaga dakwah
b. peran pondok pesantren sebagai penghabdian masyarakat
c. peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan
d. peran pondok pesantren sebagai lembaga masyarakat
e. peran pondok pesantren sebagai tempat penyaluran tenaga kerja
9. Pondok pesantren mempunyai fungsi untuk membebaskan para santri dari belenggu kebodohan juga menjadi proses pembentukan mukmin sejati yang memiliki kualitas dan moral intelektualnya merupakan peran dari ….
a. pondok pesantren sebagai penginapan santri
b. pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan
c. pondok pesantren sebagai tempat menghabiskan waktu
d. pondok pesantren sebagai lembaga dakwah
e. pondok pesantren sebagai tempat pengabdian dan pelayanan masyarakat
10. Para santri yang dididik dalam pondok pesantrem memiliki sudut pandang kehidupan sebagai peribadatan dan kesanggupan untuk memberikan pengorbanan apapun bagi kehidupan masyarakat merupakan ….
a. peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan
b. peran pondok pesantren sebagai lembaga dakwah
c. peran pondok pesantren sebagai tempat mempersiapkan wiraswasta
d. peran pondok pesantren sebagai lembaga pengabdian
e. peran pondok pesantren sebagai tempat menjadi pegawai negeri
11. Sebelum NU lahir sebenarnya para ulama telah membentuk kelompok diskusi yang diberi nama ….
a. Tashwirul Afkar d. Tashwirul Wathon
b. Nahdlatul Wathon e. Nahdlatul Tujjar
c. Tashwirul Tujjar
12. Kiprah para pemuda sebelum NU terbentuk telah terwadahi dalam organisasi kepemudaan yang bernama ….
a. Tashwirul Afkar d. Nahdlatul Syubban
b Nahdlatul Wathon e. Tashwirul Tujjar
c. Nahdlatul Tujjar
13. Lahirnya NU tidak bisa terlepas dari pesantren, bisa dikatakan bahwa miniatur NU ada di pesantren yang bisa ditelusuri buktinya secara ….
a. Kosmologis-Knowledge d. Empiris-Embrio
b. Historis-Geografis e. Historis-Empiris
c. Historis-Kosmologis
14. Pelopor kelompok diskusi yang akhirnya KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan NU, namun ada tokoh lain yang masuk Muhammadiyah yaitu ….
a. KH. Hasyim Asy'ari d. KH. Ahmad Dahlan
b. Dr. Amin Rais e. KH. Mas Mansur
c. Dr. Din Syamsudin
15. Pesantren-pesantren yang terdapat di pedesaan kebanyakan pesantren yang menjadi kekuatan NU, karena memang sejak berdirinya pesantren sebagaiJam'iyyah Ijtim'iyyah yang berati ….
a. Organisasi sosial keagamaan
b. Organisasi politik dan budaya
c. Organisasi sosial politik
d. Organisai pertahanan militer
e. Organisasi Politik
16. Komite Hijaz yang bertugas menemui Raja Saudi (Ibnu Suud) telah berhasil dalam mengemban misinya. Akhirnya Komite Hijaz akan dibubarkan, namun tidak diperkenankan. Tetapi ada tugas baru untuk membentuk organisasi NU yang mendapat restu dari pembentukannya dari …
a. KH. Abdurrahman Wahid d. KH. Hasyim Asy’ari Jombang
b. KH. Ridwan Abdullah Surabaya e. KH. M. Cholil Bangkalan
c. KHR. Asnawi Kudus
17. Berdirinya NU merupakan peran dua tokoh yang kharismatik dalam perjuangannya demi kemashlahatan masyarakat, kemajuan bangsa dan harkat martabat manusia, beliau adalah …
a. KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Dahlan Ahyad
b. KH. Bisri Syamsuri dan KH. Ridwan
c. KH. Hasyim ASy’ari dan KH. Ahmad Dahlan
d. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah
e. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Mas Mansyur
18. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pertama adalah Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari, sedangkan periode 1999 sampai sekarang adalah …
a. KH. M.A. Sahal Mahfudz d. KH. Ali Maksum
b. KH. Wahid HAsyim e. KH. Ilyas Ruhyat
c. KH. Abdul Wahab Hasbullah
19. Pimpinan tertinggi dalam Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang terdiri dari para ulama pilihan yang bertugas sebagai pembina, pengendali dan penentu kebijaksanaan NU adalah ….
a.Tanfidziyah d. Lajnah
b. Muhtasayar e, MWC
c. Syuriah
20. Lembaga penasehat NU yang terdiri dari beberapa kyai yang bertugas memberikan masukan dan nasehat kepada pengurus NU bila diperlukan dikenal dengan jabatan ….
a. Tanfidziyah d. Syuriyah
b. Muhtasyar e. Lesbumi
c. Lajnah
21. Dalam kepengurusan Tanfidziyah di tingkat pusat sudah sembilan kali mengalami pergantian. Ketua Umum Tanfidziyah yang ke-8 adalah ….
a. KH. Hasyim Muzadi d. KH. Mahfudz Siddiq
b. KH. M. Dahlan e. KH. Abdurrahman Wahid
c. KH. Wahid Hasyim
22. Memelihara, melestarikan, mengamalkan ajaran Islam yang berhaluanAhlussunnah Wal Jama’ah, mengikuti salah satu empat madzhab demi terwujudnya tatanan masyarakat yang demokratis demi kemashlahatan dan kesejahteraan umat merupakan ….
a. Visi dan Misi NU d. Azaz NU
b. Landasan Ideal e. Banom NU
c. Tujuan NU
23. Struktur Organisasi Lajnah, Banom dan Lembaga adalah sebagai berikut…
a. PP (Pimpinan Pusat ) untuk tingkat Pusat
b. PW (Pimpinan Wilayah) untuk tingkat Wilayah
c. PC (Pimpinan Cabang) untuk tingkat Propinsi
d. PAC (Pimpinan Anak Cabang) untuk tingkat Kecamatan)
e. Ranting untuk tingkat Kelurahan/Desa dan Komisariat untuk kepengurusan di suatu tempat tertentu
24. Struktur Organisasi NU yang berada di wilayah tingkat propinsi dikenal dengan nama ….
a. PCNU d. PWNU
b. MWC e. Pengurus Ranting
c. PBNU
25. Dalam Anggaraan Dasar (AD) NU yang terdiri dari 18 pasal, NU juga memiliki Anggaran Rumah Tangga dalam pelaksanaan organisasinya. Anggaran Rumah Tangga (ART) NU terdiri dari ….
a. IV Bab 37 Pasal d. IX Bab 34 Pasal
b. IV Bab 36 Pasal e. VIII Bab 36 pasal
c. VI Bab 38 Pasal
26. Struktur Lembaga Kepengurusan NU terdiri dari ....
a. Mustasyar, Syuriah, Lajnah dan Anggota
b. Syuriyah, Tanfidziyah, Anggota dan Lajnah
c. Banom, Anggota Syuriah, Lajnah
d. Tanfidziyah, Muhtasyar, Lajnah dan Anggota
e. Mustasyar, Syuriah, Tanfidziyah dan Anggota
27. Lembaga yang bertugas melaksanakan kebijakan dalam pendidikan dan pengajaran formal dibawah naungan ….
a. LPNU d. LPBHNU
b. CPNU e. LWPNU
c. LP Ma’arif NU
28. Perangkat departemen organisasi dalam NU yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan yang berkaitan dengan bidang tertentu disebut ….
a. Tanfidziyah d. Mustasyar
b. Lembaga e. Banom
c. Lajnah
29. KH. Abdul Wahab Hasbullah mendirikan Nahdlatul Wathan, Taswirul Afkar, juga menjadi utusan ke Hijaz untuk menemui Raja Ibnu Suud karena itu beliau dalam organisasi NU dikenal sebagai ….
a. Pendiri Nahdlatul Ulama
b. Pendobrak Nahdlatul Ulama
c. Motor utama berdirinya Nahdlatul Ulama
d. Penyelamat Nahdlatul Ulama
30. Belau terkenal cerdas dan rajin belajar. Sejak umur 13 tahun telah membantu ayahnya mengajar para santri. Umur 14 tahun mulai berkelana dari pesantren ke pesantren lain, bahkan pendidikannya sampai ke Mekah yang mendapat ijazah untuk mengajar Shahih Bukhari dan Shahih Muslim dan dikenal sebagai ahli hadits. Beliau adalah ….
a. Syaichona Muhammad Cholil
b. Hadratus Syeikh KH. Hasyim Asy'ari
c. KH. A. Wahid Hasyim
d. KH. Abdurrahman Wahid
e. KH. Hasyim Muzadi
31. Beliau bergabung dengan Mas Mansur di Muhammadiyah dan mempakarsai tradisi jurnalistik dalam Nahdlatul Ulama, pendiri majalah Soeara NU, jago debat, pernah mengganti pemimpin PBNU, dan berkali-kali menjadi anggota DPR/DPA. Ungkapan tersebut yang dimaksud adalah ….
a. KH. Abdul Wahab Hasbullah d. KH. Abdurrahman Wahid
b. KH.M.Hsyim Asy'ari e. KH. Ahmad Sidiq
c. KH.Mas Mansur
32. KH. Hasyim Asy'ari wafat ketika benteng pertahanan Hizbullah Sabilillah di Singosari Malang direbut tentara Belanda. Beliau meninggalkan banyak jasa bagi generasi penerusnya dengan meninggalakan karya yang dapat dijadikan rujukan bagi para ulama yang berjudul ….
a. Risalah Ahlussunnah Wal Jama'ah
b. Matan Ahlussunnah Wal Jama'ah
c. Hasyiah Ahlussunnah Wal Jama'ah
d. Mukhtasyar Ahlussunnah Wal Jama'ah
e. Risalah Tauhid
33. Restu guru dalam mendirikan NU diberikan oleh KH. Hasyim Asy'ari karena beliau sebagai guru spiritual ulama nusantara sangat ta'dhim terhadap tanah haram. Guru tersebut yang dimaksud adalah ….
a. KH.R. Asnawi
b. KH. M Cholil Bangkalan
c. Hadratus Syaikh KH.Muhammad Hayim Asy'ari
d. KH. Halim Cirebon
e. Syeikh Ahmad Ghanaim Mesir
34. Muhammad Cholil putra dari KH. Abdul Latif Bangkalan, belajar pada K. Muhammad Nur, KH. Asyik Saguto dan belajar ke Mekah bersama Syeikh Nawawi Banten dan kawan-kawan akhirnya menjadi ahli nahwu, hasil karyanya banyak. Yang Bukan karya beliau adalah …
a. Terjemahan Alfiyah Ibnu Malik
b. Shalawat Tibbul Qulub
c. Asliyah Fi Bayan Nikah
d. Nahwu Wadheh
e. Al Hakibah
35. Sejak kecil ia belajar dengan ayahnya KH. Muhammad Siddiq kemudian melanjutkan ke Tebuireng lalu menetap ke Mekah. Saat di Mekah terkenal ahli debat dan ahli pidato. Beliau adalah ….
a. KH. Abdurrahman Wahid d. KH. Hafid Siddiq
b.KH. Wahid Hasyim e. KH. Mahfud Siddiq
c. KH. Muhammad Mahfud
36. Kyai yang dimaksud dari soal di atas tergolong pemuda yang progesif, sampai menguasai Bahasa Arab, Inggris, Belanda dan Latin, aktif menulis, juga sebagai pemimpin redaksi Soeara NU. Belaiau mengusulkan dalam tubuh NU agar dibentuk ….
a. IPNU-IPPNU d. PBNU
b. Lesbumi e. Anshor NU
c. Fatayat
37. KH.A.Wahid Hasyim dalam usia 15 tahun telah mampu menguasai tiga bahasa yaitu Arab, Inggris dan Belanda. Pada masa pemerintahannya mengusulkan pada Jepang agar para santrinya dilatih militer. Maka pada tanggal 14 Oktober tebentuklah ….
a. Menteri Negara d. BPKNIP
b. Menteri agama e. PPKI
c. KNIP
38. Perjalanan NU telah panjang demi pengabdian masyarakat, bangsa dan agama. NU selalu memperhatikan gejolak yang muncul demi terwujudnya Khairu Ummah. Dalam Muktamar ke-27 di Situbondo berhasil memilih KH. Ahmad Siddiq menjadi Rais Am PBNU. Beliau juga terkenal menjadi ….
a. Pemrakarsa NU ke percanturan politik
b. Pemrakarsa pembentuk PKB
c. Pemrakarsa pembentuk MIAI
d. Pemrakarsa NU tandingan
e. Pmrakarsa NU kembali ke Khittah NU 1926
39. Tokoh NU yang menjadi Ketua Umum PBNU selam 3 peiode yakni lewat Muktamar 27 di Situbondo, Muktamar 28 di Jogjakarta dan Muktamr 29 di Cipasung adalah ….
a. KH. Abdurrahman Wahid
b. KH. Raden Asad Syamsul Arifin
c. KH. Ali Maksum
d. KH. Wahid Hasyim
e. KH. Hasyim Muzadi
40. Ketua Umum Nahdlatul Ulama periode 2010-2015 yang terpilih saat Muktamar di Banjarmasin adalah ….
a. KH. Hasyim Muzadi d. KH. Mustofa Bisri
b. KH. Said Agil Siraj e. KH. Maemun Zubeir
c. KH. Sahal Mahudz
B. Jawablah pertanyaaan di bawah ini!
1. Jelaskan pengertian pondok pesantren secara bahasa dan istilah!
2. Sebutkan dan jelaskan lima elemen pondok pesantren!
3. Jelaskan proses berdirinya Nahdlatul Ulama!
4. Jelaskan biografi singkat KH. Hasyim Asy'ari!
5. Sebutkan 5 tokoh yang termasuk pendiri Nahdlatul Ulama!
No comments:
Post a Comment