Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengenal computer dan perkembangannya.
Ruang Lingkup Materi : Pengertian komputer
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian komputer.
No. Soal: 1
Contoh Soal:
Alat yang digunakan untuk mengolah data, menggambar, menghitung dan sebagainya dengan sistem elektronik disebut...
Alat yang digunakan untuk mengolah data, menggambar, menghitung dan sebagainya dengan sistem elektronik disebut...
a. kalkulator
b. komputer
c. mesin tik
d. mesin register
e. simpoa
Kunci: B
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengenal computer dan perkembangannya.
Ruang Lingkup Materi : Pengertian Perkembangan Komputer
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan perangakat pendukung pengoperasi komputer.
No. Soal: 2
Contoh Soal:
Perangkat pendukung yang harus
Perangkat pendukung yang harus
ada dalam pengoperasian komputer
adalah...
a. Hardware + Software + Banner
b. Software + Banner + Hardware
c. Software + Brainware + Windows
d. Hardware + Software + Brainware
e. Hardware + Software + DOS
Kunci: D
2
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponendan
perangkat computer.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi komponen-komponen komputer
Indikator : Siswa dapat menentukan salah satu perangkat keras (hardware) yang digunakan dalam mengoperasikan komputer.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi komponen-komponen komputer
Indikator : Siswa dapat menentukan salah satu perangkat keras (hardware) yang digunakan dalam mengoperasikan komputer.
No. Soal: 3
Contoh Soal:
Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pusat pemroses data
Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pusat pemroses data
adalah...
a. CPU
b. Keyboard
c. Monitor
d. Mouse
e. Printer
Kunci: A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengoperasikan computer dengan sistim operasi berbasis Windos
Ruang Lingkup Materi : Group windos, struktur derektori dan path directori, system operasi windos, menyimpan dokumen/file, mempormat disket, mengcopy
Ruang Lingkup Materi : Group windos, struktur derektori dan path directori, system operasi windos, menyimpan dokumen/file, mempormat disket, mengcopy
disket/file
Indikator : Siswa dapat menyebutkan perangkat penyimpan data luar
Indikator : Siswa dapat menyebutkan perangkat penyimpan data luar
No. Soal: 4
Contoh Soal:
Perangkat komputer yang digunakan sebagai penyimpan data luar selain Harddisk adalah...
Perangkat komputer yang digunakan sebagai penyimpan data luar selain Harddisk adalah...
a. CD - Drive
b. Disk - Drive
c. Disket
d. RAM
e. ROM
Kunci: C
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menggunakan program internet untuk mengakses dan berkomunikasi..
Ruang Lingkup Materi : Model koneksi mengakses internet, pengertian istilah di internet
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian web browser
No. Soal: 5
Contoh Soal:
Internet explorer merupakan salah satu contoh dari program aplikasi...........
Internet explorer merupakan salah satu contoh dari program aplikasi...........
a. E-mail Client
b. Web Server
c. Web Browser
d. Newsgroup
e. Websife
Kunci: C
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menggunakan program internet untuk Mengakses dan berkomunikasi..
Ruang Lingkup Materi : Model koneksi mengakses internet, pengertian istilah di internet
Indikator : Siswa mampu menyebutkan pengertian istilah di internet.
No. Soal: 6
Contoh Soal:
Fasilitaas ini dapat diakses dengan mengunakan browser dan memungkinkan
Fasilitaas ini dapat diakses dengan mengunakan browser dan memungkinkan
anda dapat berdiskusi mengenai topic atau informasi yang menarik dengan orang-orang
diseluruh dunia. Fasilitas yang dimaksud adalah .............
a. E-mail
b. LAN
c. Web Server
d. WWW
e. Newsgroups
Kunci: E
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menggunakan program internet untuk m Mengakses dan berkomunikasi..
Ruang Lingkup Materi : Model koneksi mengakses internet, pengertian istilah di internet
Indikator : Siswa dapat menyebutkan fungsi modem.
No. Soal: 7
Contoh Soal:
Untuk menghubungkan komputer
Untuk menghubungkan komputer
dengan jaringan Internet digunakan...
a. Sound Card
b. Ethernet Card
c. Modem
d. Multi I/O
e. VGA Card
Kunci: C
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
System operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan kondisi kerja komputer.
Indikator : Siswa dapat menjelaskan kondisi kerja komputer.
No. Soal: 8
Contoh Soal:
Keadaan dimana komputer berhenti bekerja tanpa suatu sebab yang jelas saat komputer dalam keadaan aktif, disebut...
Keadaan dimana komputer berhenti bekerja tanpa suatu sebab yang jelas saat komputer dalam keadaan aktif, disebut...
a. Hung
b. Hang
c. Shut Down
d. Restart
e. Editing
Kunci: B
5
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponen dan perangkat komputer
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan uraian tugas operator
Indikator : Siswa mampumembedakan uraian tugas perangkat manusia (brainware)
Indikator : Siswa mampumembedakan uraian tugas perangkat manusia (brainware)
No. Soal: 9
Contoh Soal:
Orang yang bertugas untuk melaksanakan proses pengolahan data dan bertanggung jawab dalam pemakaian perangkat keras komputer disebut...
Orang yang bertugas untuk melaksanakan proses pengolahan data dan bertanggung jawab dalam pemakaian perangkat keras komputer disebut...
a. operator
b. programmer
c. analis
d. teknisi
e. brainware
Kunci: A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponen dan perangkatkomputer
Ruang Lingkup Materi : Melakukan perawatan dalam mematikan komputer.
Indikator : Siswa dapat menentukan cara mematikan komputer yang benar pada sistem o operasi komputer.
No. Soal: 10
Contoh Soal:
Saat mengakhiri pemakaian windows. Prosedur mematikan komputer yang benar secara berturut-turut adalah...
Saat mengakhiri pemakaian windows. Prosedur mematikan komputer yang benar secara berturut-turut adalah...
a. klik Shut Down – klik Start – matikan power
b. klik Start – matikan komputer – klik Shut Down
c. klik Start – klik Shut Down – matikan komputer
d. klik Start – klik Shut Down – klik Shut Down
e. klik Start – klik Shut Down – klik Restart
Kunci: D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memgoperasikan computer dengan system
operasi berbasis Windows
Ruang Lingkup Materi : Menggunakan tombol/gambar perintah dalam windows
Indikator : Siswa dapat menentukan gambar atau simbol di dalam windows yang m mengandung perintah tertentu.
No. Soal: 11
Contoh Soal:
Lambang atau gambar yang mengandung perintah/eksekusi tertentu, disebut...
Lambang atau gambar yang mengandung perintah/eksekusi tertentu, disebut...
a. document
b. icon
c. program
d. shortcut
e. seeting
Kunci: B
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menyebutkan aplikasi program pengolah kata
Indikator : Siswa dapat menyebutkan contoh program pengolah kata yang dijalankan melalui windows
No. Soal: 12
Contoh Soal:
Salah satu software yang bekerja di dalam windows dan sudah terbukti sangat handal untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pengolah kata adalah...
Salah satu software yang bekerja di dalam windows dan sudah terbukti sangat handal untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pengolah kata adalah...
a. Data Base
b. Lotus
c. MS Access
d. MS Word
e. Wordstar
Kunci: D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Mengoperasikan/menjalankan program MS Word
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam mengoperasikan MS Word
No. Soal: 13
Contoh Soal:
Perintah awal yang digunakan untuk mengaktifkan program MS Word adalah...
Perintah awal yang digunakan untuk mengaktifkan program MS Word adalah...
a. Start – Program – New
b. Start – Program – MS Word
c. Start – Program – MS Office
d. Start – Program – MS DOS Prompt – File - Open
e. Start – Program – Open – MS Word
Kunci: B
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian pada lembar kerja MS Word
Indikator : Siswa dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian pada lembar kerja MS Word
No. Soal: 14
Contoh Soal:
Tempat judul aplikasi (nama fle) dari setiap program yang diaktifkan melalui microsoft windows disebut...
Tempat judul aplikasi (nama fle) dari setiap program yang diaktifkan melalui microsoft windows disebut...
a. menu bar
b. ruler bar
c. scroll bar
d. title bar
e. toolbar
Kunci: D
8
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menyimpan naskah/teks/dokumen
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam menyimpan d dokumen pada program MS Office.
No. Soal: 15
Contoh Soal:
Teks yang telah diketik akan disimpan baik ke dalam disket/harddisk
Teks yang telah diketik akan disimpan baik ke dalam disket/harddisk
dengan perintah...
a. Edit - Copy
b. Edit - Open
c. File - New
d. File - Open
e. File - Save
Kunci: E
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Membuka dokumen lama(file-open)
Indikator : Siswa dapat membuka dokumen lama pada program MS Office.
No. Soal: 16
Contoh Soal:
Dokumen yang sudah tersimpan di dalam disket/harddisk dapat dibuka kembali dengan perintah...
Dokumen yang sudah tersimpan di dalam disket/harddisk dapat dibuka kembali dengan perintah...
a. Edit-Cut
b. Edit-Copy
c. Edit-New
d. File-New
e. File-Open
Kunci: E
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menyalin dokumen/teks pada halaman yang sama/berbeda
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah untuk menyalin/copy dokumen pada halaman yang sama/yang berbeda
No. Soal: 17
Contoh Soal:
Teks yang diketik dapat diperbanyak (duplikasi) pada halaman/gambar yang sama/berbedadengan perintah...
a. edit – copy – edit – paste
b. edit – copy – edit – cut
c. edit – undo – edit – redo
d. edit – copy – edit – undo
e. file – copy – edit – paste
Kunci: A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Melakukan format teks
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam melakukan perubahanperubahan pada ketikan (efek pencetakan).
No. Soal: 18
Contoh Soal:
Perintah yang digunakan untuk mendapatkan hasil ketikan menjadi
Perintah yang digunakan untuk mendapatkan hasil ketikan menjadi
cetak tebal, yaitu...
a. bold
b. centre
c. font
d. italic
e. justify
Kunci: A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Melakukan format teks pada program aplikasi MS Word.
Indikator : Siswa dapat mengatur letak teks pada program aplikasi MS Word.
No. Soal: 19
Contoh Soal:
Agar hasil naskah yang diketik terlihat rapi, diperlukan pengaturan dari naskah tersebut. Pengaturan teks di tengah disebut...
a. align left
b. align right
c. change case
d. centre
e. justify
Kunci: D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Membuat penomoran pada teks/naskah pada program aplikasi MS Word.
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam membuat daftar bernomor/bersimbol di dalam naskah/tekspada program aplikasi MS Word.
No. Soal: 20
Contoh Soal:
Daftar bernomor/bersimbolpada sebuah naskah ketikan dapat ditampilkan/diformat dengan perintah...
Daftar bernomor/bersimbolpada sebuah naskah ketikan dapat ditampilkan/diformat dengan perintah...
a. format – bullet & numbering
b. format – border & shading
c. format – page number
d. insert – bullet & numbering
e. insert – page number
Kunci: A
11
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan dasar-dasar dalam sebuah tabel pada program aplikasi MS Excel.
Indikator : Siswa dapat menentukan istilah pada pertemuan antara baris dan kolom dari sebuah tabel pada program aplikasi MS Excel.
No. Soal: 21
Contoh Soal:
Jumlah lembar kerja dalam buku kerja terdiri dari . . . .
a. 256 kolom dan 65536 baris
b. 256 kolom dan 65789 baris
c. 65536 kolom dan 256 baris
d. 67890 baris + 345 kolom
e. 345 kolom dan 65545 baris
Kunci: A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan dasar-dasar dalam sebuah tabel pada program aplikasi MS Excel.
Indikator : Siswa dapat menentukan istilah pada pertemuan antara baris dan kolom dari sebuah tabel pada program aplikasi MS Excel.
No. Soal: 22
Contoh Soal:
Gambar diatas dalam lembar sebar di sebut .......
a. Menu Bar
b. Title Bar
c. Toolbars
d. Cell Pointer
e. Scroll Bar
Kunci: B
Standar Kompetensi Lulusan: Siswa mampu menerapkan program perangkat lunak basisdata
Ruang Lingkup Materi : Menggunakan formula pada program aplikasi MS Access
Indikator : Siswa dapat mengoperasikan program aplikasi Microsoft Access
No. Soal: 37
Contoh Soal:
Gambar di bawah adalah tampilan yang akan muncul jika Anda membuat tabel dari menu...
Gambar di bawah adalah tampilan yang akan muncul jika Anda membuat tabel dari menu...
a. Create table by design view
b. Create table by using wizard
c. create table by wizard
d. Create table by entering data
e. Create table in design View
Kunci: A
Standar Kompetensi Lulusan: Siswa mampu menerapkan program perangkat lunak basisdata
Ruang Lingkup Materi : Menggunakan formula pada program aplikasi MS Access
Indikator : Siswa dapat mengoperasikan program aplikasi Microsoft Access
No. Soal: 38
Contoh Soal:
Tipe data yang digunakan untuk memasukkan data teks dan angka adalah...
Tipe data yang digunakan untuk memasukkan data teks dan angka adalah...
a. currency
b. auto number
c. text
d. number
e. date/time
Kunci: C
Standar Kompetensi Lulusan: Siswa mampu menerapkan program perangkat lunak basis data
Ruang Lingkup Materi : Menggunakan formula pada program aplikasi MS Access
Indikator : Siswa dapat mengoperasikan program aplikasi Microsoft Access
No. Soal: 39
Contoh Soal:
Dalam membuat form menggunakan form wizard adalah beberapa jenis form yangdisediakan antara lain, KECUALI...
Dalam membuat form menggunakan form wizard adalah beberapa jenis form yangdisediakan antara lain, KECUALI...
a. Columnar
b. Tabular
c. Datasheet
d. Custom
e. Justified
Kunci: E
Standar Kompetensi Lulusan: Siswa mampu menerapkan program perangkat lunak basis data
Ruang Lingkup Materi : Menggunakan formula pada program aplikasi MS Access
Indikator : Siswa dapat mengoperasikan program aplikasi Microsoft Access
No. Soal: 40
Contoh Soal:
Digunakan untuk mempresentasikan hasil olahan data menjadi Informasi yang sudah dicetak di lembaran kertas merupakan pengertian dari...
a. form
b. query
c. table
d. report
e. wizard
Kunci: D
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SMK NON TEKNOLOGI
Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Jumlah soal : 5
Bentuk soal : Uraian
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengenal computer dan perkembangannya
Ruang Lingkup Materi : Menyebutkan dan menjelaskan perangkat (alat) masukan (input) komputer
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan perangkatm masukan (input) komputer
No. Soal: 1
Contoh Soal:
Sebutkan dan jelaskan 5 (lima) contoh Hardware komputer yang berfungsi sebagai input yang anda ketahui
Sebutkan dan jelaskan 5 (lima) contoh Hardware komputer yang berfungsi sebagai input yang anda ketahui
Pedoman Penskoran:
No. Kunci Jawaban Skor
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengoperasikan computer dengan system operasi DOS dan Windows
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan fungsi perintah operating system di dalam windows
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan fungsi perintah operating system di dalam windows
Indikator : Siswa dapat menjelaskan fungsi perintah operating system di dalam windows
No. Soal: 2
Contoh Soal:
Jelaskan arti dari memberikan perintah berikut ini di dalam sistem operasi windows!
Jelaskan arti dari memberikan perintah berikut ini di dalam sistem operasi windows!
a. Star – Shut down – Shut down
b. Star – Shut down – Restar
c. Star – Shut down – Restart Ms DOS mode
d. Star – Search - Find
e. Star – Seeting – Control Panel
Pedoman Penskoran:
23
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Mampu memperbaiki naskah/file melalui program MS Word
Indikator : Siswa dapat menyebutkan urutan perintah dalam memperbaiki naskah/teks melalui program MS Word
No. Soal: 3
Contoh Soal:
Urutkan perintah untuk memperbaiki naskah/teks dari kalimat di bawah ini menjadi:
Urutkan perintah untuk memperbaiki naskah/teks dari kalimat di bawah ini menjadi:
- Ukuran huruf 16
- Huruf tercetak tebal
- Letak kalimat di tengah
- Kalimat dengan huruf kapital (besar) semua
= Teknik Komputer =
Pedoman Penskoran:
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Membuat teks dalam bentuk kolom.
Indikator : Siswa dapat menyebutkan urutan perintah untuk membuat/memformat teks dalam bentuk kolom
No. Soal: 4
Contoh Soal:
Uraikan urutan perintah untuk membuat naskah dengan 3 (tiga) kolom dan diberikan garisbatas antar kolom, melalui program Ms Word
Uraikan urutan perintah untuk membuat naskah dengan 3 (tiga) kolom dan diberikan garisbatas antar kolom, melalui program Ms Word
Pedoman Penskoran:
25
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah
data/angka
Ruang Lingkup Materi : Menghitung menggunakan formula (rumus) pada progam MS excel
Indikator : Siswa dapat membuat rumus dengan menggunakan formula ( rumus) pada program aplikasi MS Excel. Jika diberikan data pada tabel yang diketahui
Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Jumlah soal : 1
Bentuk soal : Praktik
Bentuk penilaian : Praktik
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Mengerjakan naskah teks dan mengolah angka dalam mengoperasikan program aplikasi MS Office
Indikator : Siswa dapat menggabungkan 2 program (MS Word dan MS excel)
No. Soal: 1
Contoh Soal:
Program peningkatan komputer komputerisasi sebagai suatu bentuk strategi pendidikandalam meningkatkan keahlian tamatan yang diharapkan lebih profesional, yang memadukan secara sistematika dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program kebutuhan keahlian yang diinginkan oleh dunia Industri. Bentuk rekapitulasi nilai siswa pada mata pelajaran komputer pada tahun ajaran 2002/2003
Program peningkatan komputer komputerisasi sebagai suatu bentuk strategi pendidikandalam meningkatkan keahlian tamatan yang diharapkan lebih profesional, yang memadukan secara sistematika dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program kebutuhan keahlian yang diinginkan oleh dunia Industri. Bentuk rekapitulasi nilai siswa pada mata pelajaran komputer pada tahun ajaran 2002/2003
Ketiklah naskah teks tersebut mengguna
kan program MS Word, dengan ketentuan:
a) Jenis kertas = A4
b) Jenis huruf (font) = Arial
c) Ukuran huruf (font) = 12
d) Jarak baris ketikan = 2 spasi
e) Tata letak teks = rata penuh
f) Batas atas ketikan = 4 cm, batas kanan = 3
cm, batas kiri= 4 cm dan batas bawah = 3 cm.
No comments:
Post a Comment